Teori dan Perilaku Organisasi : Tim dan Kelompok Kerja

12:59:00 PM



TIM :  Kelompok yang terorganisir dan bekerjasama untuk mencapai seperangkat tujuan tertentu yang tidak dapat dicapai secara efektif oleh individu.

Membangun sebuah tim --- proses memilih, mengembangkan, memberikan kemudahan, dan melatih sebuah kelompok kerja agar berhasil mencapai tujuan.
  • 1. saling percaya
  • 2. semangat
  • 3. kedekatan
  • 4. komunikasi
  • 5. Produktifitas --- saling berbagi sumber daya, ketrampilan, dan pengetahuan




 Tipe - Tipe TIM

  1. 1. Tim pemecahan masalah, yaitu yang terdiri dari 5 - 12 anggota dari departemen yang sama bertemu selama beberapa jam seminggunya untuk mendiskusikan cara memperbaiki kualitas efesiensi, dan lingkungan kerja --- hanya memberi rekomendasi
  2. 2. Tim swakelola, yaitu sekelompok karyawan yang bertanggung jawab untuk mengelola pekerjaan dan mengambil tanggung jawab
  3. 3. Tim Lintas fungsi, yaitu tim yang anggota- anggotanya terdiri dari individu- individu dari berbagai departemen atau fungsi tertentu
  4. 4. Tim virtual, yaitu tim yang anggotanya berada pada lokasi yang berjauhan, dan berkomunikasi melalui peralatan elekronik seperti e-mail, koferensi via telpon dan videocall, fax, dan internet

 Efektifitas Tim

Faktor Kontekstual ( eksternal )
  • a. sumber daya yang memadai
  • b. kepemimpinan dan struktur
  • c. iklim kepercayaan
  • d. evaluasi dan sistem pemberian imbalan
  •  

Faktor Proses
  • a. Tujuan umum
  • b. Tujuan khusus
  • c. pencapaian ( keberhasilan )
  • d. level konflik
  • e. kemalasan sosial
 
Faktor Komposisi
  • 1. Kemampuan
  • 2. Kepribadian
  • 3. Aturan
  • 4. Keragaman
  • 5. Besaran/ jumlah
  • 6. Pilihan

Ciri Ciri TIM Berkinerja Tinggi 

  1. 1. Seluruh anggota fokus pada tujuan
  2. 2. Antar anggota saling terbuka dan percaya
  3. 3. Rasa memiliki tim dan berpartisipasi
  4. 4. Saling mengharagai
  5. 5. Seluruh anggota terus menerus belajar untuk meningkatkan kemampuan
  6. 6. Mengerti peranan dan tanggung jawabnya
  7. 7. Keputusan diambil berdasarkan konsensus
  8. 8. Berkomunikasi secara terbuka dan saling mendengarkan
  9. 9. Menangani konflik tanpa memunculkan permusuhan
  10. 10. Pimpinan TIM, apakah temporer atau tetap, mempraktikan gaya kepemimpinan partisipatif 

by: Sebastianus Sembara Mahasiswa STIKOM Surabaya

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts